KEUNGGULAN FISIOTERAPI

Fisioterapi merupakan salah satu jurusan yang ada di Universitas Muhammadiyah  Malang pada Fakultas Kesehatan yang telah di akreditasi B dan pendidikannya menuju jenjang S1.
Banyak masyarakat yang belum mengetahui apa itu fisioterapi dan apa itu fisioterapis.




Jadi, apa itu fisioterapi?
Fisioterapi adalah suatu cara atau bentuk pengobatan untuk mengembalikan fungsi suatu organ tubuh dengan memakai tenaga alam.Dalam fisioterapi tenaga alam yang dipakai antara lain listrik,sinar,panas,dingin,massage dan latihan yang mana penggunaannya disesuaikan dengan batas toleransi penderita sehingga didapatkan efek pengobatan.[Krausen.1985].
Menurut Departemen Kesehatan Indonesia Fisioterapi adalah suatu pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk individu dan atau kelompok dalam upaya mengembangkan, memelihara, dan memulihkangerak dan fungsi sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan modalitas fisik, agen fisik, mekanis, gerak dan komunikasi.
Sedangkan fisioterapis adalah orang yang menjalankan pelayanan fisioterapi tersebut.
Keunggulan fisioterapi ialah seseorang yang lulus dari akademi/fakultas fisioterapi akan menyandang gelar profesi Fisioterapis dan mempunyai kewenangan untuk melakukan aktifitas atau pekerjaan di bidang Fisioterapi. Fisioterapi mempunyai ruang lingkup pekerjaan yang luas, mulai dari preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Tidak ada batasan usia dan jenis kelamin yang dapat ditangani oleh Fisioterapi. Jadi nantinya pekerjaan Fisioterapis tidak hanya di rumah sakit saja. Fisioterapis juga bisa menjadi seorang fitness instruktur yang handal, Fisioterapis bisa menjadi dosen atau tenaga pengajar, Fisioterapis bisa bekerja di spa atau wellness center, Fisioterapis menjadi bagian tak terpisahkan dari sebuah tim olahraga, klinik tumbuh kembang, sekolah kebutuhan khusus dan Fisioterapi juga dapat melakukan praktek mandiri. Tentu hal ini sangat berbeda sekali dengan istilah “Tukang Pijet” yang kebanyakan orang awam menyebutnya.
Perkembangan Fisioterapi akan sangat baik dan berkembang secara pesat kedepannya. Dikarenakan prospek kerjanya sangat besar kedepan dan peminatnya masih sedikit tidak seperti jurusan lain pada Fakultas Ilmu Kesehatan  dan Fakultas lainnya.

Komentar